Maksimalisasi dan Regenerasi Potensi Komunitas Pengusaha Rajut di Kota Madiun


Pada hari Sabtu 26 September 2017, Program Studi Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menyelenggarakan Pelatihan Rajut bagi generasi muda yaitu pelajar dan mahasiswa di Auditorium Unika Widya Mandala Madiun Jl. Manggis No. 15-17 Madiun pada pukul 08.00 – 13.00 WIB. Kegiatan ini terselenggara dalam rangka pelaksanaan Hibah Iptek bagi Masyarakat (IbM) tahun 2016 yang didanai tahun 2017 yang diselenggarakan oleh RISTEKDIKTI.
Kegiatan pelatihan rajut ini telah diadakan dua tahun sebelumnya juga dalam rangka perolehan Hibah IbM tahun 2013 yang didanai tahun 2014, tetapi dengan fokus pada ibu-ibu rumah tangga yang ingin berwirausaha melalui ketrampilan rajut, hingga terbentuk komunitas rajut Celyza. Komunitas rajut Celyza binaan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dari Program Studi Akuntansi Unika Widya Mandala Madiun ini diketuai oleh Rice Indyawati dengan wakil ketua Julia Berliany, Riza Maya Chrismaharti sebagai bendahara, danYuli Nursanti sebagai sekretaris.
Kegiatan pelatihan rajut tahun ini lebih difokuskan pada generasi muda yaitu pelajar dan mahasiswa dalam rangka reegenerasi anggota komunitas Celyza yang selama ini didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga. Pelatihan ini diikuti oleh 130 peserta yang terdiri dari 128 peserta perempuan dan 2 orang peserta laki-laki.

Pada pelatihan ini dilatih membuat produk yang paling mudah membuatnya dan dapat menarik minat kaum muda untuk merajut, yaitu berupa tempat hp. Peserta cukup antusias mengikuti acara pelatihan rajut ini, melalui acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta dan khususnya mitra pengabdian masyarakat yaitu komunitas rajut Celyza. Diharapkan melalui kegiatan ini tujuan regenerasi dapat tercapai dan terbentuk pula wirausahawan-wirausahawan muda di bidang rajut di Kota Madiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.